Skip to main content

[Review] Breaking The Silence: A Guide to Helping Children With Complicated Grief - Suicide, Homicide, AIDS, Violence and Abuse



Judul : Breaking The Silence: A Guide to Helping Children With Complicated Grief - Suicide, Homicide, AIDS, Violence and Abuse
Penulis : Linda Goldman
Penerbit : Routledge
Tahun cetakan : 1996
Jenis : Paperback
ISBN : 1560324341
Rating : 4/5


Buku pinjam dari perpustakaan Yayasan Pulih dalam rangka pembekalan sebelum menjadi ko-fasilitator pada acara sebuah LBH, sekaligus untuk tugas resensi buku untuk keperluan magang. Walaupun akkhirnya saya batal menjadi ko-fas karena terkena gejala tifus, tapi buku ini banyak memberi pelajaran pada saya yang gagal mendapat kesempatan turun dalam kegiatan lapangannya. (hiks)


Apa yang ada di dalam pikiran anak-anak yang pernah melalui hal-hal berat, seperti melihat orangtua, teman, atau kerabat dekatnya bunuh diri, terkena AIDS, menjadi korban atau pelaku pembunuhan, atau bahkan saat dirinya sendiri mengalami kekerasan dan penganiayaan? Anak-anak yang pernah mengalami hal-hal seperti itu tentunya akan memiliki sikap yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Apa yang harus kita lakukan jika suatu saat kita harus berhadapan dengan anak-anak seperti ini? Bagaimana caranya untuk membantu anak-anak yang pernah mengalami hal-hal berat di atas?

Buku ini menjelaskan dengan rinci jawaban mengenai semua pertanyaan di atas. Terdiri dari enam bagian, buku ini pada masing-masing bagiannya membahas mengenai bagaimana cara mengatasi anak-anak yang pernah melalui masa-masa berat seperti yang disebutkan di atas. Saya sangat menyukai buku ini karena kelengkapannya dalam membahas setiap isu. Pada setiap bagian, pembaca akan disuguhi informasi mengenai gambaran kasus, kecenderungan sikap-sikap anak yang mengalami kasus tersebut, bagaimana pola pikir sang anak terhadap kasus yang pernah dialaminya, dan bagaimana cara orangtua dan komunitasnya dapat mendukung sang anak untuk bangkit dari keterpurukannya.

Hal yang menarik dari buku ini adalah karena penulis juga menyertakan beberapa contoh kasus untuk membahas setiap bagiannya, entah itu hasil tulisan, gambar, atau potongan transkrip wawancara psikiater/psikolog dengan kliennya. Di bawah contoh kasus tersebut biasanya segera diberi penjelasan tentang bagaimana cara penanganannya. Dengan demikian pembaca dapat lebih memahami bagaimana ciri-ciri anak yang tengah mengalami masalah berat dan dapat langsung bertindak secara tepat untuk menangani masalah mereka.

Meskipun bahasa buku ini adalah bahasa Inggris, namun bahasa yang digunakan cenderung sederhana dan mudah dipahami oleh orang awam. Pembagian per isu disusun dengan rapi hingga pembaca dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari sesuai dengan isu yang ingin mereka baca. Buku ini sangat direkomendasikan dibaca oleh psikiater, konselor, guru, atau orangtua dan pengasuh dari anak-anak yang mempunyai masalah-masalah berat nan rumit.

Buku panduan yang sangat mudah dibaca sekaligus menggugah empati kita terhadap anak-anak yang korban konflik. Empat bintang.

Comments

  1. klo Ayu pernah harus "menghadapi" anak yang kena masalah ini gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku sendiri, belum pernah. Aku nggak terlalu suka anak-anak, jadi cukup menghindari anak-anak sebisa mungkin. Kemaren pernah sempet mau disuruh jadi ko-fasilitator lomba gambar anak-anak pengungsi Syiah Sampang, Gereja Yasmin, korban gempa, dll, tapi ternyata aku sakit kemaren itu pas hari H. Yah...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Review] Majapahit : Sandyakala Rajasawangsa

Judul : Majapahit: Sandyakala Rajasawangsa (Majapahit #1) Penulis : Langit Kresna Hariadi Penerbit : Bentang Pustaka Tahun cetakan : 2012 Jenis : Paperback ISBN : 9786028811811 Rating : 3,5/5 Saya sangat menyukai seri Gajah Mada dari Pak LKH, tapi sewaktu saya berniat mengoleksinya, bersama seri Candi Murca, buku-bukunya kebanyakan sudah tidak beredar lagi. Sewaktu ingin tanya-tanya ke bapak penulisnya langsung tentang kedua seri tersebut, saya menemukan kalau LKH ternyata menerbitkan seri terbarunya, Majapahit. Karena saya suka Gajah Mada, sang mahapatih Majapahit itu, maka saya juga jadi berminat pada seri baru ini karena penasaran kisah apa yang akan diusung olehnya, mengingat sepertinya kondisi kerajaan Majapahit sudah cukup banyak terkaver dalam seri Gajah Mada. Jadi, dimulai dari manakah kisah kerajaan terbesar Indonesia ini?

[Review] A Little Life

Judul: A Little Life Penulis: Hanya Yanagihara Penerbit: Doubleday Tahun cetakan: 2015 Jenis: ebook Tebal: 669 halaman ISBN: 9780385539265 PERHATIAN: Buku ini memiliki beberapa trigger yang mungkin akan dapat memengaruhi kondisi mental pembaca yang pernah/sedang mengalami isu-isu sensitif--perkosaan, penganiayaan fisik dan seksual, kekerasan pada anak, kecanduan obat-obatan, penyakit kejiwaan serta kecenderungan bunuh diri. Jika memiliki salah satu dari trigger yang disebutkan, disarankan untuk tidak membaca buku ini atau membaca dengan pantauan orang sekitar.

[Review] A Room of One's Own

Judul: A Room of One's Own Penulis: Virginia Woolf Penerbit: Harcourt Tahun cetakan: 1989 Jenis: Paperback ISBN: 9780156787338