Thursday, August 8, 2013

[Review] Let's End Bullying




Judul : Let’s End Bullying: Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying
Penulis : Andri Priyatna
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun cetakan : 2010
ISBN : 978 – 979 – 27 – 6984 – 5
Rating : 3/5


Resensi ini dibuat untuk salah satu tugas magang di Yayasan Pulih.


Dalam ringkasan singkat mengenai buku ini disebutkan bahwa "satu dari tiga anak pernah mengalami bullying, baik itu di sekolah, lingkungan, ataupun online."

Bullying adalah hal yang sering kita dengar terjadi di sekitar kita namun jarang bisa kita tangkap gejalanya. Sampai saat ini banyak peristiwa bullying yang luput dari perhatian orangtua maupun pihak sekolah dikarenakan keengganan korban bullying untuk melaporkan tindakan bullying yang diterimanya. Selain itu, perilaku bullying pun sering disalahartikan oleh masyarakat sebagai kenakalan anak-anak sepermainan. Hal yang patut disayangkan, perilaku semacam ini biasanya baru diketahui jika kasusnya sudah parah, seperti korban yang menarik diri dari lingkungan, atau yang paling parah, melakukan bunuh diri. Lalu bagaimana cara agar kita dapat mengenali tanda-tanda adanya bullying di sekitar kita dan menanganinya sebelum terlambat?

Dalam buku ini dibahas dengan cukup lengkap mengenai apa itu bullying, mulai dari pengertiannya hingga bagaimana cara mengatasinya. Cara penyampaiannya yang simpel dan penyajiannya yang mayoritas dalam bentuk pointer membuat buku ini mudah dibaca dan dipahami oleh orang awam. Setiap topik dalam buku ini disajikan untuk tiga pihak yang sering berperan dalam upaya pencegahan bullying, yaitu orangtua, sekolah, dan saksi dari perilaku bullying tersebut. Dengan cara ini, pembaca dapat lebih mudah melihat peran-peran dari ketiga pihak tersebut dalam pencegahan dan penanggulangan bullying, dan dapat lebih siap dalam upaya penanggulangan bullying.

Sayangnya, dalam buku ini kurang disebutkan bagaimana cara pencegahan dan penanggulangan bullying bagi korban, seperti apa yang harus dilakukan oleh korban saat di-bully, atau bagaimana cara mencegah bullying yang efektif. Hal ini mungkin tidak disebutkan karena buku ini lebih diperuntukkan bagi orang-orang di lingkungan sekitar korban dan pelaku bullying. Meskipun begitu, akan lebih baik jika juga disisipkan mengenai cara menyikapi bullying bagi korban, karena banyak korban bullying yang akhirnya hanya bisa pasrah menjadi korban karena mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan saat mereka menghadapi masalah tersebut.

Terlepas dari kekurangannya, buku ini dapat dijadikan panduan bagi masyarakat untuk melakukan upaya mengenali, mencegah, dan menanggulangi perilaku bullying di lingkungan mereka.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...