Thursday, October 31, 2013

[Review] Rencana Besar


Judul : Rencana Besar
Penulis : Tsugaeda
Penerbit : Bentang Pustaka
Tahun Cetakan : 2013
Jenis : Paperback
ISBN : 9786027888654

Rating : 4/5


Tahu buku ini waktu lagi iseng main ke blognya mbak Cynthia dan kebetulan melihat reviewnya, lalu tertarik karena katanya ini novel thriller dan saya sebenarnya sedang mencari referensi thriller Indonesia untuk pengerjaan novel saya (yang juga bergenre misteri/thriller). Menurut Goodreads juga sampai saat ini ratingnya bagus, jadi makin penasaran. Eh, setelah dicek dan ricek, ternyata karya debut juga--pas dengan tema posbar BBI Oktober! Lalu ternyata Bentang sedang mengadakan lomba review novel ini juga! Ya sudahlah, yang tadinya saya hanya berniat membelikan untuk co-author saya untuk menambah referensinya dalam mengerjakan novel pribadi kami, akhirnya saya juga beli sendiri karena penasaran; jangan-jangan ada sebuah rencana besar terselubung dari semua kebetulan ini. iya, alasan belinya enggak banget, tapi yang penting, kan, akhirnya beli :p

*Review ini dibuat dalam rangka posting bareng BBI Oktober 2013 dan juga untuk mengikuti lomba resensi #CallForReviewRB dari Bentang Pustaka.

Sunday, October 20, 2013

[Review] The Ocean at The End of The Lane



Judul : The Ocean at The End of The Lane (Samudra di Ujung Jalan Setapak)
Penulis : Neil Gaiman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun cetakan : 2013
Jenis : Paperback
ISBN : 9789792297863

Rating : 3,5/5


Setelah terpesona setengah mati dengan American Gods, dan nangis sedih karena buku Neil Gaiman yang lain sudah susah dicari di toko buku (baik fisik maupun online), saya sangat gembira begitu tahu kalau buku Neil Gaiman yang satu ini akan diterjemahkan, terlebih ketika tahu kalau kisah ini didapuk sebagai dongeng untuk kalangan dewasa. Saya berpikir mungkin buku ini akan sama epiknya seperti American Gods, dan begitu sambang toko buku, saya otomatis langsung membelinya.

Wednesday, October 16, 2013

Wishful Wednesday [5]

Holaa! Bagaimana kabarnya setelah liburan panjang? Saya masuk langsung UTS. orz

Anyway, selama liburan kemarin saya habiskan untuk menyampul buku-buku--yang dari kemaren cuma sempet ditimbun dan dibukain plastiknya dan diperawanin doang--dan merapikan lemari-lemari buku saya--yang sekarang lumayan longgar setelah banyak komik terjual. Dari situ saya jadi disadarkan akan sebuah kenyataan pahit (ihiks): BUKU SAYA BANYAK YANG HILANG!!

Kalau saya bilang ini ke co-author saya, dia pasti bakal ketawa puas dan bilang, "makanya jangan minjemin buku." Eh tapi gimana, dong? Meminjamkan buku itu kan pahala, dan menyebarkan hobi baca buku itu kan baik--TAPI PLIS BALIKIN BUKU SAYAAA!! ;A;

Monday, October 14, 2013

Reading Sunday Wrap-Up #1

Jadi, mulai minggu ini saya memutuskan untuk melakukan Reading Wrap-Up!! *tebar konfetti*

Niatnya sih mau dibuat hari Minggu kemarin, tapi ternyata enggak sempat. Jadi yasudahlah, dibuat hari Senin pun nggak masalah. #gitu Dan enggak pakai button unyu-unyu dulu untuk yang pertama, karena saya enggak jago main digital. Makanya (untuk sementara) saya cuma pakai button alakadarnya dulu.



Karena saya orangnya termasuk kutu loncat dalam membaca, makanya minggu ini saya berhasil menyelesaikan Winter Dreams dan The Catcher in The Rye--yang sebenarnya mulai bacanya sejak entah bulan kapan. Lalu setelah yang dua itu selesai, sekarang saya masih berkutat membaca tiga buku lainnya; Black Powder War, buku ketiga Temeraire series karangan Naomi Novik, The Lowland-nya Jhumpa Lahiri yang untuk baca bareng BBI, dan The Brothers Karamazov yang saya baca demi riset novel--kutu loncat, see?

Minggu ini juga akhirnya saya memutuskan untuk mulai melakukan tanggung jawab saya sebagai juri dalam sebuah kompetisi fanfic. Alhasil, minggu ini saya banyak banget baca fanfic Indonesia--di mana sebelumnya saya cuma baca fanfic-fanfic inggris karena.... alasan pribadi. Lumayan bikin emosi juga. Haha. Sekarang saya cukup berempati dengan para juri lomba menulis. I feel you, pak, buk.

Lalu karena di hari Senin yang indah dan libur ini saya kedatangan banyak buku pesanan, ditambah dengan yang beli saat ke toko buku tadi, saya jadi bingung apa yang enaknya saya baca hari ini. Enaknya lanjut baca ebook-ebook yang terlantar itu atau mencoba menggerayangi buku-buku baru, ya? :|a

Sunday, October 13, 2013

[Review] Winter Dreams



Judul : Winter Dreams: Perjalanan Semusim Ilusi
Penulis : Maggie Tiojakin
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun cetakan : 2011
Jenis : Paperback
ISBN : 9789792278125

Rating : 4/5


Winter Dreams adalah buku yang belakangan ini jadi idaman saya semenjak saya membaca Pulang yang kovernya kuning-kuning itu, yang tiba-tiba membuat saya ingat ingat dan mupeng sama novel ini (oke, ini alasan paling aneh untuk mupeng buku, tapi biarlah). Sayangnya, waktu saya kepingin, saya sadar kalau buku ini sudah susah dicari di toko buku, jadinya saya lebih memilih untuk membeli Saat Kita Tersesat di Luar Angkasa terlebih dahulu--walau tetap, buku ini sumber mupeng utama. Lalu beberapa bulan kemudian ternyata Gramedia mengadakan event promo diskon besar, dan buku ini termasuk ke dalam list diskonnya. Beli harga lebih mahal saja bakal saya jabani, tentu dapat yang diskon merupakan anugerah besar. (tsaaah)

Saturday, October 12, 2013

[Review] The Catcher in The Rye



Judul : The Catcher in The Rye (Novel Amarah Anak Muda)
Penulis : J.D. Salinger
Penerbit : Banana Publisher
Tahun cetakan : 2005
Jenis : Paperback
ISBN : 9799998603

Rating : 4/5


The Catcher in The Rye sudah lama menarik minat saya karena embel-embel isu menarik yang beredar di seputaran novel ini--dan juga jadi blurb di kaver belakang terjemahan Banana--mengenai "Mengapa pembunuh-pembunuh terkenal sangat menyukai dan terinspirasi dari buku ini?" Tadinya saya kira buku ini berkisah seputar pembunuh bayaran atau semacamnya, ternyata bukan. Novel ini hanya bercerita tentang beberapa momen dalam kehidupan seorang anak muda. Nah, lalu apa yang membuat banyak pembunuh terinspirasi oleh novel ini hingga konon buku ini sempat dilarang beredar di perpustakaan sekolah di US, hanya untuk beberapa tahun kemudian menjadi bacaan wajib dari pelajaran telaah literatur para pelajar di negeri Paman Sam tersebut?

Friday, October 11, 2013

Friday's Recommendation #2

Ehhe. Akhirnya sempet juga ikut meme ini lagi. Timing meme-nya lagi pas banget nih, hari terakhir sebelum libur panjang (atau ada yang senin masih masuk? poor you. #dikeplak). Libur panjang begini enaknya diisi dengan main-main dan melakukan berbagai aktivitas yang biasanya nggak punya kesempatan untuk dilakukan. Tentunya, sambil baca buku juga, dong. :p

Untuk Friday's Recommendation dari saya minggu ini, saya mau merekomendasikan sebuah novel fantasy-scifi YA yang asik dibaca, tapi sayangnya, menurut saya, masih termasuk kurang mendapat sorotan alias underrated. Yak, buku tersebut adalah:

Saturday, October 5, 2013

[Review] Throne of Jade



Judul : Throne of Jade (Temeraire #2)
Penulis : Naomi Novik
Penerbit : Del Rey
Tahun cetakan : 2006
Jenis : ebook
ISBN : 0345493443

Rating : 3/5


Setelah begitu menikmati buku pertamanya, saya langsung lanjut ke buku kedua. Saya jarang melakukan hal seperti ini dengan buku seri, terutama karena jika buku pertama begitu memikat saya, saya akan berhenti cukup lama sebelum membaca buku sebelumnya untuk menyingkirkan high saya akan buku pertama dan bisa menilai lebih objektif mengenai buku kedua. Tapi untuk Temeraire, saya langsung sambung tanpa basa-basi--mungkin karena ending buku satu yang seperti itu. But here we goes.

Warning : kemungkinan spoiler untuk yang belum baca buku pertamanya. Review buku #1 bisa dilihat di sini.

Friday, October 4, 2013

[Review] His Majesty's Dragon



Judul : His Majesty's Dragon (Temeraire #1)
Penulis : Naomi Novik
Penerbit : Del Rey
Tahun cetakan : 2006
Jenis : ebook
ISBN : 034549072X

Rating : 4/5


Kemarin dulu saya sering melihat buku kedua dari seri ini, Throne of Jade, dipajang di toko buku. Saya hanya lihat gambar naganya, lalu melenggang pergi dengan tidak tertarik. Jujur saja, saya jarang tertarik dengan novel fantasi yang ada naga-naganya. Saya bahkan sudah berhasil membeli seri Eragon, tapi belum punya niatan untuk membacanya sampai sekarang. Tapi lalu tak lama kemudian beberapa blogger buku yang saya sering kunjungi, salah satunya Mbak Ren dan Mide, mulai membaca novel ini dan saya tidak mendengar apa pun selain puji-pujian untuk novel ini--bahkan Mbak Ren sampai sempat membikin givaway-nya saking cintanya dia dengan novel ini. Penasaran, akhirnya saya benar-benar mencoba melihat blurb-nya di goodreads. Dan ternyata novel ini adalah novel alternate reality dari perang Napoleon dengan menghadirkan naga sebagai salah satu alat perang saat itu. Tertarik--walau masih ragu--akhirnya saya mencari ebooknya dan mulai membaca.

Wednesday, October 2, 2013

Wishful Wednesday [4]

Setelah tepar di rumah sakit selama dua minggu, lalu bed rest seminggu, lalu berusaha keras catch up sama kuliah dan tugas-tugasnya yang bikin life span rasanya berkurang drastis, akhirnya saya bisa update blog ini lagi. huhuhuhu.

Ada banyak banget utang review, buku-buku yang sudah selesai dibaca tapi belum sempat dibikin review karena masih dapat wanti-wanti dari dokter buat bed rest. Tapi yang pertama, Wishful Wednesday duluuuu!

Buku untuk WW saya Rabu ini sebenarnya termasuk must-buy saya begitu beasiswa cair (uhuk). Ini bukunya:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...