Saturday, November 30, 2013

[Review] LENKA



Judul : LENKA
Penulis : Sarekat Penulis Kuping Hitam (Bengkel Kepenulisan DKJ 2009)
Penerbit : Banana publisher
Tahun cetakan : 2011
Jenis : paperback
ISBN : 9789791079259

Rating : 3/5


* Review ini dibuat dalam rangka baca bareng BBI bulan November dengan tema Horror/Thriller.

Satu lagi buku dari segepok buku Banana yang saya borong tahun lalu. Sebenarnya justru buku ini--dan Rumah Kopi Singa Tertawa-nya Mas Yusi--yang jadi tujuan utama saya memborong di Banana, tapi eh, entah kenapa malah buku ini yang tergolek tak terbaca di rak buku. Makanya, waktu ada posbar bertema Thriller/Horor, saya mencari-cari dari tumpukan yang belum saya baca, dan menemukan ini. Tapi eh, kemudian sangsi apakah ini novel thriller, tapi ya sudahlah. #gitu

Thursday, November 28, 2013

[Review] 12 Tender Killers - Leo Murder Case


Judul : 12 Tender Killers - Leo Murder Case
Penulis : Takahashi Ryo
Artist : Takahashi Ryo
Tahun cetakan : 2009
Jenis : ebook/online reading

Rating : 2,5/5


Baca komik ini karena tertarik dengan fanfic yang dibuat oleh salah seorang teman di FFN. Kisahnya tentang 12 pembunuh yang bertugas membunuh penjahat-penjahat yang selama ini tidak pernah berhasil diringkus oleh polisi. Karena temanya yang menarik, akhirnya saya memutuskan untuk mencarinya juga. Tadinya saya kira ke-12 pembunuh itu beraksi dalam satu cerita besar. Eh tapi ternyata setiap pembunuh diceritakan dalam seri terpisah. Konon Aquarius Murder Case sudah diterbitkan oleh M&C, dan yang saya temukan di manga site hanya yang ini, Leo Murder Case.

Wednesday, November 27, 2013

Wishful Wednesday [8]


Rabu ini saya hampir lupa kalau ada WW. a-ahahahaha. Dan sekali-sekali saya pengen naruh buttonnya di tengah (nggak ngaruh apa-apa juga padahal). Untuk mengejar waktu, pembukaannya singkat aja. (ha!) WW saya minggu ini sebenarnya bukan buku yang ingin saya beli, sih, karena berhubung bukunya sudah langka. Lebih tepatnya WW saya kali ini adalah tentang buku yang ingin saya print untuk koleksi.

Friday, November 22, 2013

Friday's Recommendation #3



Hari Jum'aaaat! Rasanya sudah lama banget saya nggak ikut meme-meme karena hectic sama tugas dari senin-jum'at. Hiks. Tapi karena Jum'at ini saya sedang muak dengan yang namanya tugas, jadinya saya menyempatkan diri untuk kembali mengikuti meme. Dan update meme kali ini adalah jatahnya Friday's Recommendation! Terus kebetulan juga Mbak Ren masih hobi tebar-tebar givaway dalam rangka ultah blognya. Long Live, Mbak Ren! *tebar confetti*

Untuk Friday's Recommendation hari ini, berbeda (mungkin) dengan rekomendasi teman-teman pada umumnya yang bermain di ranah fiksi, saya mau merekomendasikan sebuah bacaan nonfiksi. Yep. Nonono, jangan males dulu! Rekomenan saya asik, kok. #halah

For you, Introverts out there, here's my recommendation!

Wednesday, November 20, 2013

Wishful Wednesday [7]


Hari Rabu entah kenapa rasanya penghabisan banget untuk saya di semester ini. Rasanya selalu nggak punya tenaga lebih untuk survive di hari Rabu karena kuliah hari Senin dan Selasa kelasnya dewa-dewa banget. Atau mungkin ini sindrom midweek?

Rabu ini juga semacam begitu, malaaaaaas banget pergi ke kampus. Rasanya pengen bergelung di kamar dan meluk buku. huhuhuhu. Eh terus dapet email notif dari blognya Mbak Astrid, dan ternyata..... givaway! *perk up*

Jadi ternyata Mbak Astrid ultahnya bulan ini, dan baiknya, kalau biasanya yang dapat hadiah itu yang ultah, Mbak Astrid--dan beberapa blogger lain--kebalikannya. Merekalah yang ngasih hadiah buat yang nggak ultah. hehe. Yaaaay Happy Birthday, Mbak Astrid! Semoga timbunan bukunya bisa nambah lagii!

Saturday, November 16, 2013

#5BukuDalamHidupku : Karena Feminis Bukan Asal Bakar Beha

Hari terakhir! Dan saya hampir lupa postingnya karena hectic degan tugas sendiri. orz

Jadi, sesuai dengan apa yang saya tulis dalam postingan kemarin bahwa di hari terakhir ini saya akan membahas mengenai buku yang membuat saya mengidentifikasikan diri saya sebagai seorang feminis. Buku itu adalah Feminist Thought karangan Rosemarie Tong.

[Review] After Dark



Judul : After Dark
Penulis : Haruki Murakami
Penerbit : Vintage International
Tahun cetakan : 2007
Jenis : Paperback
ISBN : 9780307388889

Rating : 4/5


Books & Beyond sedang merencanakan sebuah konspirasi, saya yakin itu. Kenapa bertepatan dengan turunnya uang beasiswa saya, lalu B&B dengan jumawanya memajang hampir separuh dari seluruh karya Haruki Murakami--diberi rak khusus paling depan pula! Ini pasti konspirasi. Pihak manajemen Books & Beyond pasti tahu kalau Murakami adalah dewa menulis saya, makanya mereka memajang banyak bukunya ketika uang beasiswa turun untuk memancing saya kalap dan hedon. Tidak, saya tidak akan termakan jebakan itu, B&B, sori. Saya hanya akan beli satu..... tiap bulan. #teteeep

Friday, November 15, 2013

#5BukuDalamHidupku : Be Gay!

Hari keempat! Satu hari lagi dan saya akan sukses! wohooo~

ehem.

Jadi, ya, selamat datang kembali ke postingan lima hari berturut-turut mengenai #5BukuDalamHidupku yang diprakarsai oleh mas Irwan Bajang. Hari keempat sudah mulai berat, yaa, terutama karena justru menjelang akhir pekan tugas-tugas kuliah saya makin mendekati deadline. huhuhuhu. Tapi saya akan berusaha tetap memposting challenge ini. #tekad

Buku yang akan saya bahas kali ini dan besok adalah buku yang menjadi penghantar saya menuju saya yang sekarang--seorang LGBT-supporter dan seorang feminis.

To-Be-Read-and-Review (TBRR) 2014 Book List Master Post


Pas saya main-main ke blognya Mbak Maria, saya menemukan kalau ternyata si mbaknya kembali menjadi host TBRR challenge 2014, satu challenge yang saya nggak sempat ikuti tahun lalu karena.... saya baru gabung BBI di menjelang penghujung tahun. Jadi untuk yang tahun ini saya berniat ikut--dan menyelesaikan challenge-nya. hohohoho.

[Review] Shock & Awe



Judul : Shock & Awe (Sidewinder #1)
Penulis : Abigail Roux
Penerbit : Riptide publishing
Tahun cetakan : 2013
Jenis : ebook
ISBN : 9781626490550

Rating : 2,5/5


Perhatian : Review ini akan membahas mengenai sebuah buku yang memiliki rating 18+ dan akan memuat beberapa konten yang sensitif dan tidak cocok dibaca oleh mereka yang ada di bawah umur--atau bagi mereka yang tidak LGBT-friendly.

Thursday, November 14, 2013

#5BukuDalamHidupku : Menjadi Indonesia Bersama Pram

Haloo! Selamat datang lagi di postingan #5BukuDalamHidupku di hari ketiga! Hari ketiga, yaaaaay! Saya sukses sampai hari ketiga! *joget hula*

Buku inspirator hidup saya (tsaaah) yang akan saya angkat kali ini adalah buku legendaris karya anak negeri, yang sepertinya nyaris nggak ada orang Indonesia yang nggak tahu namanya, tapi jarang ada yang berhasil baca bukunya sampai habis. hehe.


Reading Challenge 2014 : Lucky No. 14


Di saat masih mengira-ngira buku apa yang akan dibaca buat challenge-nya Mbak Maria, eh Mbak Astrid juga bikin RC buat tahun depan. hehehehe. Ikutan juga deh, akhirnya, karena kategorinya unyuh-unyuh. Semoga tahun depan saya bisa produktif, mengingat saya sudah harus skripsi tahun depan.

Oke ini peraturannya! (copas dari postingan Mbak Astrid)

Wednesday, November 13, 2013

Wishful Wednesday [6]

Huaaaang saya nggak rutin banget ikut meme ini, apalagi karena tiap Rabu saya kuliah sampai malam, terus dari kampus ke rumah perjalanan 2-3 jam, dan begitu sampai rumah kalau nggak dikejar tugas, ya, saya yang gagal mengejar waktu posting meme ini. #curcol

Jadi, oke. Belakangan ini niat saya untuk kembali mengumpulkan buku klasik timbul lagi. Setelah kemarin sempat beli kumpulan cerpen O. Henry dan kemudian memborong buku Sampar-nya Albert Camus dan Jiwa-Jiwa Mati-nya Nikolai Gogol di IBF kemarin, saya merasa ingin menambahkan koleksi klasik saya dengan buku ini:

#5BukuDalamHidupku : Karena Disneys Bukanlah Titik Awal Saya

Ini adalah post untuk #5BukuDalamHidupku hari kedua! Semoga saya bisa terus posting sampai hari kelima. *melirik tumpukan tugas yang menggunung* Untuk hari ini, buku yang saya pilih adalah buku cergam pertama yang saya baca saat saya masih anak piyik:


Tuesday, November 12, 2013

#5BukuDalamHidupku : Belajar Filsafat Secara Menyenangkan!

Saat baca-baca postingan grup BBI, saya nyasar(?) ke threadnya Bang Tanzil dan tertarik sama event dari Mas @Irwanbajang di blognya. Inti dari event yang bertema proyek mudik ini sebenarnya bertujuan untuk mengisi kembali blog yang sudah lama terlantar dengan memposting rutin selama lima hari berturut-turut mengenai lima buku yang mengubah hidup kita. Walaupun saya nggak ikutan mudik karena blog saya yang ini terhitung masih baru dan aktif, tapi saya tertarik untuk mengikuti proyeknya karena idenya dengan ajaib sesuai dengan apa yang belakangan ini sedang saya angankan untuk tulis di sini. Selain itu ada hadiahnya juga, lho, guys! hehehe.

So let's get this started! Di hari pertama ini, saya mau memperkenalkan satu buku yang mengubah cara pandang saya terhadap dunia (tsaaah). Ini dia bukunya!

Monday, November 4, 2013

Buying Monday #1


Buying Monday.... saya nggak mengira akan ikut meme ini. Sori, Aul, tapi sebenarnya selama ini saya bertekad untuk tidak ikut meme ini kecuali ketika saya merasa belanja buku saya keterlaluan. Dan sialnya beasiswa turun bulan kemarin lalu saya.... kalap.

Jadi, Tuhan dan Dirjen Dikti, inilah pengakuan dosa saya. u____u

Sunday, November 3, 2013

[Review] Bumi: Empat Jiwa Meniti Satu Nadi



Judul : Bumi: Empat Jiwa Meniti Satu Nadi
Penulis : Cynthia Febrina
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun cetakan : 2013
Jenis : Paperback
ISBN : 9786020220598

Rating : 2/5


Karena ini novel hasil dapet buntelan BBI dari Mas Dion, jadi entah kenapa saya merasa saya perlu memasukkan foto buku asli punya saya, sekalian sebagai tanda bukti kalau, "nih, Mas, bukunya sudah sampai dan sudah selesai dibaca dan masih bagus kaaaaaan~" #dikeplak

Jadi, saya ini bukan tipe orang yang "judge a book by its cover". Saya mah cover-nya mau buluk juga, selama saya tertarik, ya saya baca aja. Sialnya, saya ini masihlah tipe orang yang "judge a book by its title". Karena itu saya memilih buku ini saat Mas Dion memberikan list buku-buku buntelan. Dari judulnya, saya dapat menangkap kesan sastranya, seolah buku ini menjanjikan sebuah karya sastra yang agak jadul dalam kepenulisan, tapi plotnya mantap dan penuh dengan renungan hidup ala-ala cerpen minggu Kompas. Makanya sekali lihat, saya langsung pilih buku ini. Tapi angan-angan saya dengan mudah diruntuhkan oleh seorang teman saya--mari kita sebut si Y--dengan komentarnya saat saya membawa buku ini ke kampus (ya, saya ini seorang book-clutcher, pergi ke mana-mana pasti ada buku di tangan karena saya selalu baca buku di perjalanan rumah-kampus, atau rumah-anywhere, yang jaraknya cukup jauh). Dan ini hasil perbincangan kami:

Y : (masuk ke kelas, duduk di sebelah saya, melirik novel yang saya pegang) "Bagus, ya, kavernya. Tentang apa?"
A : (kasih bukunya ke dia) "Baru mulai baca, Y. Katanya, sih, tentang persahabatan gitu."
Y : "Hmmm...." (bolak-balik bukunya sekilas, lalu dikembalikan ke saya) "Kavernya bagus, judulnya juga. Tapi novel Indonesia jaman sekarang itu banyakan menipu. Bahkan sinopsis di belakang buku aja sekarang banyak diotak-atik dan dibuat ambigu, dibuat puitis tanpa menjabarkan apa isi bukunya, dan ternyata begitu dibaca isinya memble."
A : *stabb* *jlebb* *ketohok* (cuma bisa nyengir)
Y : Semoga buku yang ini nggak begitu. (dia tepok bahu saya, lalu kelas pun dimulai)

Lalu dengan keyakinan yang sedikit runtuh (tsaaaah) akhirnya saya kembali membaca buku ini--setelah kelas selesai, tentunya. btw, baru kali ini, lho, intro reviewnya panjang. biasanya mencerminkan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Warning: This review would be part-review and part-rant. Please beware of dog.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...